Jumat, 09 Desember 2016

Nude Lipstick Guide untuk Bibir Gelap & Kulit Sawo Matang

Sebenernya bukan sebel sama si Bare it All, sih. Wong si Bare it All aja ndak ngapa-ngapain. Aku lebih sebel sama diri sendiri yang pengetahuan perlipstickannya masih cetek tapi sosoan. Juga sebel karena dengan mudahnya percaya omongan beauty blogger/vlogger yang bilang "Bare it All adalah tipikal lipstick yang cocok untuk semua jenis skintone"

Hmmm...

Berbekal embel-embel ‘nude lipstick untuk segala jenis skintone’ itulah aku beli Bare it All. Kalo baca-baca review sih meyakinkan yah. Cuma hasilnya aja suka beda-beda. Kadang ada yang pure dark beige, kadang ada yang rosy pink. Tapi pas di aku, hasilnya..
Kucel banget! Aku kayak abis guling-guling di abu dan nggak mandi seminggu.
Pokoknya sejak saat itu aku nggak pernah percaya sama embel-embel ‘nude lipstick untuk segala jenis skintone’.
Tapi sebenernya itu hanya ilmu aku aja yang belom dalem. Pas aku belajar dan mendalami ilmu perlipstickan, aku jadi sadar bahwa penyebab sebagian besar lipstick nude itu washout di aku adalah bibir aku yang pigmented.
Salah satu cara si bibir pigmented agar bisa pake lipstick nude tanpa keliahatan kucel adalah dengan mencari lipstick nude dengan hint orange/peach yang cukup kenceng. Karena seperti kantung mata, bibir yang pigmented juga punya pigment kebiruan yang harus dinetralkan dengan warna orange. That’s why pake lipstick nude dengan hint pink yang cool hanya akan membuat wajah jadi keliatan kayak gembel.
Selain itu, undertone kulit kamu juga berpengaruh banget. Kamu mungkin udah pada tau apa itu undertone. Yang belum tau, monggo sekarang liat pergelangan tangan kalian masing-masing. Lihat di bawah cahaya matahari yang natural. Perhatikan warna nadinya. Apakah hijau atau biru. Kalo hijau, berarti kamu warm undertone. Kalo biru berarti cool undertone. Kalo kamu nggak yakin itu hijau atau biru, berarti kamu neutral undertone. Kalo pink, mungkin kamu ranger pink *kirik*
Seperti yang kita tau, warm undertone cocok dengan nuansa orange. Cool undertone cocok dengan nuansa biru. Neutral undertone cenderung masuk ke keduanya. Kebanyakan orang Indonesia itu warm undertone. Apalagi yang punya kulit sawo matang dan bibir gelap. Makanya agak tricky kalo nyari lipstick nude.
Kamu (yang berkulit sawo matang dan berbibir pigmented) bisa pake lipstick nude. Tapi emang kudu berjuang buat nemu yang pas.
Saran akusih jangan terlalu percaya sama swatch-swatch yang bertebaran di gugel. Better kita terjun aja ke lapangan. Ini tips-tips lain dari aku yang bisa kamu praktekin dalam masa pencarian lipstick nude yang pas buat kamu yang berbibir gelap.
1.       Beli beberapa shade lipstick dengan hint yang berbeda-beda. Orange, netral, peach, rose, dst. Lalu pakai. Kalo udah begini, kamu bakal tau mana yang cocok dan mana yang enggak. Saran mending beli lipstick yang murah kayak Just Miss jadi kamu bisa beli shade yang berbeda dalam jumlah yang banyak. Kalo nggak cocok gaakan nyesel kok karena harganya murah banget.
2.       Cari tone serupa tapi yang agak gelap. The darker your lips, the darker your lipstick should be. Kalo kamu punya bibir gelap, nggak usah ngotot pingin pake MAC Angel. Sukur kalo cocok. Karna kalo nggak cocok bakal nyesel. Nyesel sama duitnya. 
3.       Cari referensi selebriti yang complexionnya mirip-mirip sama kamu. Liat gimana mereka pakai lipstick nude mereka. Apakah cenderung cool atau warm? Apakah basenya pink atau orange?
Tambahan spesial buat kalian semua, ini ada beberapa referensi lipstick nude yang aku punya dan memiliki hint yang berbeda-beda.
Baca Juga :
Load disqus comments

0 komentar